my playlist

Thursday, April 15, 2010

kekerasan dalam layar kaca anda

sekarang ini banyak banget unsur-unsur kekerasan di televisi. mulai dari sinetron,film luar yang di puter ulang dan lainnya. kekerasan disini bukan cuma berarti kontak fisik loh,walaupun kita sering banget liat adegan tampar-tamparan,percobaan pembunuhan dan hal-hal ekstrim yang lain. kekerasan disini juga termasuk kekerasan verbal yaitu penggunaan kata-kata kasar. yah kita taulah adegan-adegan itu kayaknya banyak banget di TV sekarang ini.

pernah ga ya mereka mikirin apa dampaknya buat psikologis orang-orang yang nonton? gw rasa nggak. mereka cuma ngincer rating.

karena unsur kekerasan disini di bungkus sedemikian rupa sehingga kita sebagai penonton menganggap adegan-adegan itu wajar saja untuk di tonton dan bahkan ada juga program tv yang mengemas kekerasan dengan humor.
pelaku kekerasan biasanya dipilih orang yang menarik,dan sering banget adegan kekerasan justru di glorifikasi. glorifikasi disini maksudnya kalo ada pelaku yang melakukan kekerasan malah dianggap "wow" . nah keliatan kan udah menyimpang banget nih. masa hal yang salah malah dijadiin bahan ketawaan ataupun dianggap hebat.

ada juga film-film luar negeri yang mengandung unsur kekerasan tapi malah diputer jam 8. padahal jam segini pasti masih banyak banget anak-anak kecil yang nonton tv.

kebanyakan nonton kekerasan ada dampaknya looh buat psikologis, yah pasti lo semua taulah , sikap jadi lebih agresif dan lainnya.
mungkin sebagian orang ngerasa dengan nonton kekerasan bisa nyalurin amarah mereka,hal ini juga berlaku dalam hal video game. orang-orang kalo lagi kesel nyalurinnya dengan nonton film brutal ataupun main video game yang bacok-bacok orang (ada ga ya?) nah kalo bahasa inteleknya ini dinamain teori katarsis. tapi ini totally wrong! karena hal ini malah merangsang orang buat jadi lebih anarkis.

kalo hal-hal ini dibiarin terus apakabar generasi yang lebih muda dong? sekarang aja mereka udah mulai main smackdown2an dan ngomong kata-kata kasar . gmana gedenya??

1 comment:

  1. makanya jangan lupa dukung karya anakmuda... memang semua itu karena rating dan permintaan produser tapi parahnya produsernya sendiri ga mikir jua... kalo kita mau ubah tontonan kita, kita harus ubah dari hal kecillll... sekecil apapun itu

    ReplyDelete